Review Ampere Altra: 2x 80 Core Arm Server Performance Monster

Review Ampere Altra: 2x 80 Core Arm Server Performance Monster
December 22, 2020 No Comments News G6k1JiPxqm

oleh Andrei Frumusanu pada 18 Desember 2020 6:00 AM ES

Saat kami menyelesaikan tahun 2020, satu item ulasan besar terakhir untuk tahun ini adalah prosesor server Altra Arm baru yang telah lama dijanjikan Ampere. Tahun ini memang merupakan tahun di mana server Arm mengalami terobosan; Inti CPU Neoverse-N1 Arm yang baru telah menjadi inti server khusus pertama perancang IP, menjanjikan kinerja dan efisiensi terfokus untuk pusat data.

Di awal tahun kami memiliki kesempatan untuk menguji silikon Neoverse-N1 pertama dalam bentuk Graviton2 Amazon di dalam penawaran komputasi awan AWS EC2. Graviton2 tampak seperti desain yang sangat mengesankan, tetapi agak konservatif dalam tujuannya, dan ini juga merupakan perangkat keras yang tidak dapat diakses oleh masyarakat umum di luar layanan cloud Amazon sendiri.

Ampere Computing, didirikan pada tahun 2017 oleh mantan presiden Intel Renée James, dibangun di atas IP awal dan bakat desain dari CPU X-Gene AppliedMicro , dan dengan Arm Holdings menjadi investor pada tahun 2019 , pada saat ini menjadi satu-satunya pedagang silikon “sejati” vendor merancang dan menawarkan desain server Neoverse-N1.

Hingga saat ini, perusahaan telah mengeluarkan beberapa produk dalam bentuk chip eMAG, tetapi dengan angka kinerja yang agak mengecewakan – dapat dimaklumi mengingat bahwa produk tersebut pada dasarnya adalah produk lama berdasarkan mikroarsitektur X-Gene lama.

Lini produk Altra Ampere yang baru , di sisi lain, merupakan puncak dari beberapa tahun kerja dan kolaborasi erat dengan Arm – dan produk “asli” pertama dari perusahaan yang dapat dipandang sebagai silsilah Ampere.

Hari ini, dengan perangkat keras di tangan, kami akhirnya melihat perangkat keras server Arm berbasis Neoverse berkinerja tinggi pertama yang tersedia untuk publik, dirancang untuk kinerja maksimum yang dapat dicapai, yang bertujuan untuk melawan desain terbaik dari Intel dan AMD.

Mount Jade Server dengan Altra Quicksilver

Ampere telah memasok kami dengan desain referensi server perusahaan, dijuluki “Mount Jade”, sebuah unit rak 2-soket 2U. Server dilengkapi dengan dua prosesor Altra Q80-33, SKU terbaik Ampere dengan masing-masing menampilkan 80 core yang berjalan hingga 3.3GHz, dengan TDP mencapai hingga 250W per soket.

Server dirancang dengan kolaborasi erat dengan Wiwynn untuk soket ganda ini, dan dengan GIGABYTE untuk varian soket tunggal, seperti yang sebelumnya diisyaratkan oleh pengumuman dua perusahaan tentang penerapan hiperskala terkemuka dari platform Altra. Motherboard referensi Mount Jade DVT bermerek Ampere hadir dalam skema warna biru server yang khas dan memiliki 2 soket dengan hingga 16 slot DIMM per soket, mencapai hingga kapasitas DRAM 4TB per soket, meskipun unit ulasan kami dilengkapi dengan 256GB per soket di seluruh 8 DIMM untuk mengisi penuh pengontrol memori 8 saluran chip.

Ini juga merupakan tampilan pertama kami pada desain soket generasi pertama Ampere. Perusahaan tidak benar-benar memasarkan nama tertentu ke soket, tetapi ini adalah soket LGA4926 besar dengan jumlah pin yang melebihi soket server komersial lainnya dari AMD atau Intel. Mekanisme holding agak mirip dengan sistem AMD SP3, dengan mekanisme holding yang dikencangkan oleh sistem sekrup 5 titik.

Chip itu sendiri sangat besar dan di antara prosesor yang tersedia untuk umum saat ini adalah yang terbesar di industri, melebihi ukuran kemasan faktor bentuk SP3 AMD, dengan ukuran sekitar 77 x 66,8mm – dengan panjang yang sama tetapi jauh lebih lebar daripada rekan-rekan AMD.

Meskipun chip besar dengan IHS besar, server Gunung Jade mengejutkan saya dengan solusinya pendinginan termasuk 250W jenis dingin hanya melakukan kontak dengan sekitar 1/4 th luas permukaan penyebar panas.

Ampere di sini tidak memiliki “bibir” yang tersembunyi di sekitar IHS untuk braket pemasangan untuk menahan chip seperti pada sistem AMD atau Intel, sehingga permukaan IHS sebenarnya tersembunyi dalam kaitannya dengan braket yang berarti Anda tidak dapat memiliki flat desain permukaan yang lebih dingin di seluruh permukaan chip.

Sebagai gantinya, desain pendingin 250W yang disertakan menggunakan desain ruang uap besar dengan “alas” untuk melakukan kontak dengan chip. Ampere menjelaskan bahwa mereka telah bereksperimen dengan desain yang berbeda dan menemukan bahwa alas area yang lebih kecil sebenarnya bekerja lebih baik untuk pembuangan panas – menyedot panas dari cetakan chip yang sebenarnya yang lebih kecil dari paket IHS dan chip.

Desain pendingin cukup kompleks, dengan tumpukan sirip vertikal yang menghilangkan panas langsung dari ruang uap, dengan sirip horizontal besar tambahan yang menghilangkan panas dari 6 pipa panas berbentuk U yang menarik panas dari ruang uap. Ini jelas merupakan desain yang lebih kompleks dan canggih daripada yang biasa kami gunakan dalam pendingin server.

Meskipun server Mount Jade jelas merupakan perangkat keras yang sangat menarik, fokus kami hari ini terletak di sekitar prosesor Altra baru yang sebenarnya, jadi mari selami chip Q80-33 80-core baru berikutnya.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *